Black Friday dan Pesta Diskon

Black Friday adalah hari jumat di bulan keempat pada bulan November setelah perayaan Thanksgiving. Istilah ini sering disebut sebagai hari libr tidak resmi, karena banyak orang tidak bekerja serta tak sedikit toko yang menurunkan harga untuk menyambut Natal.

Semula Black Friday hanya diadakan di Amerika Serikat. Tapi belakangan istilah black friday mulai digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hari jumat spesial itu selalu ditunggu karena akan ada banyak sekali diskon baik di toko online maupun offline. Kalau di Indonesia kayanya hanya di e-commerce deh ya. Namun untuk mengetahui lebih lanjut tentang black friday kita ulas sedikit disini.

Awal Mula Istilah Black Friday

Teori yang merujuk tentang istilah black friday ini ada dua yang populer. Sebuah teori mengatakan bahwa istilah ini berasal dari cara lama pencatatan akun bisnis. Kerugian dicatat dengan tinta merah dan keuntungan dicatat dengan tinta hitam. Banyak bisnis mulai menghasilkan cuan cuan (keuntungan) sebelum natal, terutama bisnis skala kecil.
Sedangkan teori lain menyebutkan istilah Black Friday ini digunakan pada tahun 1950-an oleh petugas kepolisian di Philadelphia.

Saat itu terjadi kemacetan lalu lintas dimana-mana dan petugas harus bekerja lembur di akhir pekan. Mereka menyebut black friday karena harus bekerja di akhir pekan.

Sejak saat itu toko-toko di Inggris mulai ikutan trend ini secara bertahap. Dan pada tahun 2010 dan 2013 istilah Black Friday mulai membangun momentum di Inggris serta pada tahun 2014 menjadi puncak hari penjualan online pra-Natal.

Dewasa ini, toko-toko online juga mulai mengadakan trend black friday. Bahkan beberapa toko fisik juga turut serta dan melakukan potongan harga beberapa hari sebelum black friday.

Apa yang harus disiapkan untuk turut serta dalam event black friday ini?

Yang perlu kamu siapkan adalah daftar keperluan belanja kamu. Biasanya sih black friday ini adanya di situs situs luar negeri dan memang kelihatannya pada black friday 2021 ini blow up di e-commerce Indonesia kurang ramai. Jadi memang harus siapkan metode pembayaran seperti paypal ya guys.

Tapi tenang guys jika tidak kebagian barang-barang diskon pada black friday, karena masih ada harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang diadakan setiap tanggal 12 Desember di E-commerce tanah air. Bahkan biasanya setiap bulan ada deh diskon di toko-toko online, namun tidak lebih gila-gilaan seperti diakhir tahun.

 

Referensi:

hostinger do co dot id

Bisnis dot com

Image by: unsplash

Leave a Comment